Dampak Penyerapan Tenaga Kerja terhadap Tingkat Kemiskinan di Kalimantan Selatan Belum Sesuai Harapan

Dalam penelitiannya yang dipublikasikan di International Jurnal of Business, Social and Scientific Research Volume 07 No 02 2019, Muzdalifah, Mursinto, dan Purwono mengemukakan desentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi berkontribusi dalam penurunan tingkat kemiskinan di 13 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Ini menunjukkan semakin tinggi derajat desentralisasi fiskal dan tingkat pertumbuhan ekonomi, maka tingkat kemiskinan semakin menurun.

Muzdalifah

Berbeda dengan arah dampak kedua variabel tersebut, variabel penyerapan tenaga kerja justru memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kemiskinan. Artinya, semakin tinggi tingkat serapan tenaga kerja, semakin tinggi pula angka kemiskinan di kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini mengindikasikan, penyerapan tenaga kerja belum sesuai harapan dan sektor kegiatan ekonomi yang menyerap banyak tenaga kerja di provinsi ini juga memberikan hasil pendapatan yang rendah bagi para pekerja.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian yang berjudul Implementation and Impact Fiascal Decentralization of Poverty in South Kalimantan Province adalah Random Effect Model (REM) dan PLS. []

Peta Provinsi Kalimantan Selatan, Kredit: Google Map.