Profil Noor Rahmini

Noor Rahmini adalah sedikit dari dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM yang mendalami bidang kepariwisataan di daerah Kalimantan Selatan. Wanita kelahiran tahun 1977 ini baru saja menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Brawijaya Malang dengan judul disertasi Peran Modal Sosial (Bonding, Bridging, dan Linking) terhadap Eksistensi Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Ia merupakan dosen tetap Jurusan IESP sejak 2008 dan telah mengajar beberapa mata kuliah seperti Matematika Ekonomi I dan II, Statistik I dan II, Pengantar Ekonomi Mikro, Metodologi Penelitian, dan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata.

Ia mendapatkan gelar Sajarana Ekonomi di bidang Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dari Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1999. Ia juga mendapatkan pendidikan Master Ekonomi dari Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007.

KEAHLIAN DAN MINAT

Ekonomi Mikro, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

KONTAK & MEDIA SOSIAL

Jurusan IESP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Jl. Hasan Basri, Banjarmasin 70123. 
Email: noorrahmini@ulm.ac.id
Link: Google Scholar


Dr. Noor Rahmini, SE, MEI

Berikut ini adalah daftar penelitian, pengabdian masyarakat, dan pelatihan yang telah dihasilkan dan diikuti oleh Noor Rahmini. Lebih lengkap mengenai Curriculum Vitae beliau dapat diunduh di bawah ini:

PENELITIAN DAN PUBLIKASI

  1. 2019, Social Capital Bonding in Lok Baintan Floating Market: Defensive Strategy or Barriers, Institutions and Economies Vol. 11 No. 3, https://ijie.um.edu.my/article/view/18652.
  2. 2019, Peran modal sosial (bonding, bridging, linking) terhadap eksistensi Pasar terapug Lok baintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, tidak dipublikasikan.
  3. 2018, Utilization of social Capital by ”Dukuh” and Existence of Floating Market (Study on Lok Baintan Floating Market Banjar Regency, South Kalimantan), dipresentasikan pada seminar di Universitas Medan.
  4. 2018, The Role of Badan Amil Nasional (BAZNAS) Through Revolvinh Fund Programs on Mustahik Income in Hulu Sungai Selatan District, Jurnal Ecoplan Vol. 1  No. 2, 2018.
  5. 2017, The tourism Impact from Aplied of Community Based Tourism(CBT) Concept (Study in Kuin Tourism Village Banjarmasin, south kalimantan, e-Proceeding Universitas Jember.
  6. 2015, The Role of Bonding Bridging and Linking at Traditional Markets in Indonesia: A Study at Lok Baintan Floating Market Banjar Regency South Kalimantan, Journal of Applied Economics and Business Vol. 3 No. 3, http://www.aebjournal.org/articles/0303/030305.pdf.
  7. 2015, Model Penguatan Peran Pasar Tradisional di Indonesia berbasis Modal Sosisal (Studi Pada Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan), Hibah Doktor DIKTI.
  8. 2015, Model Penguatan Pasar Tradisional di Indonesia Berbasis Modal Sosial (Studi Pada Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan), dipresentasikan seminar di FE Universitas Trunojoyo Madura.
  9. 2014, Nilai Strategis Pasar Terapung terhadap Pariwisata kalimantan Selatandan peranannya terhadap Ekonomi Lokal, Hiah Bersaing DIKTI. 
  10. 2013, Nilai Strategis Pasar Terapung terhadap Pariwisata kalimantan Selatandan peranannya terhadap Ekonomi Lokal, Prosiding 55 Tahun FEB Universitas Lambung Mangkurat, https://research.unived.ac.id/files/ahmad-soleh/1.PROSIDING-SNE-FE-UNIVERSITAS-LAMBUNG-MANGKURAT.pdf.
  11. 2012, Penyusunan rencana investasi jangka menengah daerah kab. HSS Kalsel, Laporan penelitian untuk Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
  12. 2012, Pemetaan objek wisata unggulan di kalsel dan dampaknya terhadap masyarakat miskin, tidak dipublikasikan.
  13. 2012, Featred Attractions Mapping in South Kalimantan and Its Impact on the Poor, IRSA Paper.
  14. 2011, Upaya meningkatkan potensi objek wisata di propinsi kalimantan Selatan, tidak dipublikasikan.
  15. 2011, Potensi Pendukung Pengembangan Kegiatan wisata dan Permasalahannya dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, tidak dipublikasikan.
  16. 2011, Mapping UMKM Binaan PT. Adaro Indonesia Kabupaten Tabalong, dibiayai PT Adaro.
  17. 2009, Kebijakan Pembangunan Sektor Pariwisata di Kalimantan Selatan, Kesejahteraan Sosial dan Kemandirian Masyarakat Miskin, Journl of Indonesian Applied Econmics Vol. 3 No. 1, https://jiae.ub.ac.id/index.php/jiae/article/view/132.
  18. 2009, Kebijakan pembangunan Sektor Pariwisata di Kalimantan Selatan dan dampaknya Terhadap Kesejahteraan Sosial dan Kemandirian masyarakat Miskin, Hibah DIKTI.
  19. 2007, Keterkaitan Industri Kecil Keripik Tempe Sanan Malang terhadap Sektor Ekonomi Lokal, tidak dipublikasikan.

INFORMASI TERKAIT NOOR RAHMINI

Leave a Reply