Diskusi Ekonomi Bulanan Kembali akan Hadir pada Tahun 2020

Jurusan IESP kembali akan menyelenggarakan kegiatan Diskusi Ekonomi Bulanan (DEB) pada tahun 2020. Kepastian agenda ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Jurusan IESP, Dewi Rahayu. 

Diskusi Ekonomi Bulanan pertama akan dilakukan pada akhir Februari dengan mengangkat topik seputar Fintech dan Perbankan di Indonesia. Isu-isu lainnya yang akan diangkat di sepanjang tahun 2020 adalah makro ekonomi, perdagangan internasional, UMK di era digital, ekonomi regional, dan keuangan daerah.

Berbeda dengan Diskusi Ekonomi Bulanan tahun 2019, agenda DEB tahun ini akan dilaksanakan sebanyak 6 kali dan sebagian besar narasumbernya adalah dosen muda. Sisa slot waktu yang tidak digunakan untuk DEB akan dialokasikan untuk kegiatan Forum Diskusi Pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah atau LKEPD FEB ULM.

Menurut Dewi Rahayu, Diskusi Ekonomi Bulanan merupakan wahana untuk membangun atmosfir akademik dan membentuk budaya diskusi  ilmiah dalam bidang ilmu ekonomi dan studi pembangunan. Dewi Rahayu menekankan kegiatan ini juga untuk melatih dosen-dosen muda di jurusan untuk menyampaikan gagasannya di tengah forum ilmiah sedangkan hasil kajianya jika diselesaikan dalam bentuk tulisan ilmiah dapat dipublikasikan ke jurnal yang relevan. []