Forum Diskusi Pembangunan 2020

Lembaga Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah atau LKEPD akan melaksanakan kegiatan Forum Diskusi Pembangunan (FDP) pada tahun 2020. Kegiatan ini akan mengangkat isu-isu pembangunan berbasis riset, seperti bagaimana dampak belanja pemerintah daerah terhadap kualitas sumber daya manusia, geografi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi, sumber daya alam dan pertumbuhan ekonomi, dampak perubahan struktur demografi terhadap perekonomian, peranan kelembagaan dalam pembangunan, dan dampak perubahan iklim terhadap perekonomian. FDP diadakan setiap dua bulan dengan jadwal tentatif pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember.

Ketua LKEPD Muzdalifah mengemukakan diadakannya kegiatan ini untuk menyampaikan dan mendiskusikan hasil-hasil penelitian dalam bidang pembangunan oleh para peneliti LKEPD dengan kalangan perguruan tinggi di Kota Banjarmasin dan pembuat kebijakan di daerah. Secara implimentatif, upaya pencapaian tujuan FDP tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Kami sudah menyusun jadwal, tema, dan dosen Jurusan IESP yang akan meneliti dan menyajikannya dalam FDP. Diharapkan tujuan diadakannya FDP dapat dipetik secara bertahap, termasuk peningkatan kapasitas dosen dan pembangunan budaya diskusi berbasis keilmuan“, tutur Muzdalifah.

Muzdalifah juga mengungkapkan, jika hasil penelitian yang akan disajikan dalam FDP tersebut belum final dan terbuka untuk mendapatkan masukan. Ia juga merencanakan proses masukan akan ditempuh melalui internet. Untuk itu paper hasil FDP akan dipublikasikan sebagai working paper di website LKEPD.

Di samping Forum Diskusi Pembangunan, LKEPD juga sedang merancang kegiatan training yang ditujukan kepada para pembuat kebijakan. Konsep dasar training tersebut adalah agar setiap kebijakan daerah dilahirkan dari proses yang terukur sehingga dapat diperoleh hasil pembangunan yang optimal dengan penggunaan anggaran yang lebih efisien. Selain kedua program tersebut, LKEPD juga terbuka untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan kajian pembangunan dan ekonomi sesuai dengan kebutuhan mereka. []