Belajar Diplomasi ASEAN di AFMAM

Oleh: Muhammad Adisurya Pratama

Muhammad Adisurya Pratama

Hal dadakan kadang kala membuat kita menjadi “geger”, namun perlu disadari kadang-kadang itu justru membawa peluang dan kesempatan yang tidak terduga. Hidup ini memang penuh dengan berbagai aspek yang stokastik, yang diartikan penuh dengan kebolehjadian. Hal ini saya alami begitu saja, secara dadakan saya diutus mewakili kampus untuk berpartisipasi dalam 6th ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM) yang diadakan oleh ASEAN Foundation di Hanoi, Vietnam.

Acara ini sendiri berkaitan dengan pembekalan kepada mahasiswa untuk mengetahui bagaimana sistematika diplomasi dan strategi pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara-negara anggota ASEAN agar dapat diimplementasikan di negaranya masing-masing. Awalnya saya merasa ragu dan terkejut dengan hal ini, akan tetapi, dengan adanya dukungan dari sahabat terdekat dan kedua orang tua, saya memutuskan untuk mengikuti seleksi event ini.

Tim saya beranggotakan enam orang, salah satunya saya, mewakili Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Lima anggota lainnya berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Hassanudin (UNHAS). Harapan saya, tim kami dapat lolos seleksi menuju Vietnam untuk menimba lebih banyak pengalaman sehingga memberikan banyak manfaat di kemudian hari. []