Prof Handry: Kenali Segmen Pasar yang Disasar

Di Kota Banjarmasin saat sedang menjamur bisnis kafe yang menargetkan kaum milenial sebagai konsumen utamanya. Terkait hal tersebut, Harian Umum Banjarmasin Post dalam rubrik News Analysis edisi Selasa 25 Juni 2019 memuat pandangan Profesor Muhammad Handry Imansyah supaya pengusaha kafe dapat bertahan.

Perkembangan yang sangat pesat tempat nongkrong kaum milienial seperti kafe kian pesat. Tempat seperti ini menjadi trend sebagai tempat kumpul anak-anak muda di kota.

Trend  ini menyebar di kota Banjarmasin akibat paparan media berperan sangat besar di dalam menyebabkan demam kopi di seluruh Indonesia.

Menjamurnya trend kafe kopi di Banjarmasin karena memang fenomena nasional dan global. Memang banyak yang tadinya warung kopi konvensional atau tradisional berubah menjadi kafe dengan lay out kekinian yang digandrungi oleh generasi milenial.

Dengan demikian, kebiasan ngopi di kafe menjadi salah satu gaya hidup baru di kalangan anak-anak muda milenial. Dengan menjamurnya kafe-kafe ini, maka bisa menjadi sumber pendapatan daerah melalui pajak restauran dan hotel. Karena kafe-kafe ini merupakan obyek pajak daerah seperti juga rumah makan dan bahkan warung juga sudah dikenai pajak rumah makan/ restauran dan hotel.

Para pengusaha kafe supaya bisa bertahan adalah harus mengetahui segmen pasar yang dituju supaya  isa menentukan kebijakan harga dan lay out kafe mereka. Karena ini akan twrkait dengan harga kopi yang dijual dan kualitas kopi yang disajikan. Bila salah menentukan, maka kegagalan akan mereka hadapi. 

Selain itu, pengusaha juga hatus bisa menentukan lokasi dan konsumen mereka yang akan dijadikan target. Karena penggemar kopi serius yang berat, atau hanya yang ikut-ikutan. Jadi harga dan lokasi serta lay out kafe akan ikut menentukan kesuksesan kafe.

Untuk menghindari kegagalan, para pengusaha kafe yang serius dan memang ingin menyajikan kopi yang enak dan berkelas dengan harga yang wajar tentu harus menjaga kualitas kopi. []

News Analysis Harian Umum Banjarmasin Post, Edisi Selasa, 25 Juni 2019.
https://banjarmasin.tribunnews.com/bpost/index.php